Dragon Nest - Cleric Nerf ?!


Apa kabar nih MocSnapper ? Mochi kayaknya lagi mindahin beberapa konten di web sebelah nih, karena MocMag saat ini sedang terkena masalah, jadi Mochi akan menutup MocMag dan memindahkan ke MocSnap, jadi mohon bantuannya ya teman-teman MocSnapper, semoga gak ada yang galau. Eh tapi kali ini Mochi gak bakalan ngereview suatu job ya. Kali ini Mochi bakalan membagikan info seta membantu mengklarifikasi beberapa rumor tidak sedap untuk job turunan Cleric.

Dari tadi Mochi melihat berbagai macam postingan yang menyatakan turunan cleric akan menerima Nerf yang besar. Berhubung seharian di rumah Mochi mati listrik, bukan karena belum bayar listrik loh yah tapi dikarenakan badai di daerah Sulawesi Utara, semoga gak ada korban jiwa ya eh Mochi malah curhat. Sebenarnya Mochi tadi sempat kaget pas tau Cleric bakalan di Nerf, dan saat itu Mochi blm sempat melakukan cek secara langsung karena alasan di atas tadi. Tetapi setelah Mochi jalan-jalan ke beberapa website di luar sana, akhirnya Mochi menerima pencerahan. Sebenarnya apa sih yang terjadi kepada Cleric ? Yuk langsung aja kita bahas.

Sebelum Mochi memberikan kesimpulan, ada baiknya Mochi memeberikan pemaparan terhadap data yang Mochi peroleh buat pertimbangan teman-teman MocMager.

Perubahan pada skill PVP


Paladin

Lightning Zap: 943% > 690% (terdapat penurunan DMG sebesar 253%)


Guardian

Justice Crash: CD berubah dari 36.3 detik menjadi 45 detik

Stance of Faith EX: menghilangkan efek pengurangan CD

Thrust Force
– CD berubah dari 20 detik menjadi 30 detik
– 648% > 429% (terdapat penurunan DMG sebesar 219%)

Overwhelming: Damage dari normal attack berubah dari 100% menjadi 25% (terdapat penurunan DMG sebesar 75%)

[Awakening Passive] Armor Break: Damage dari normal attack berubah dari 100% menjadi 25% (terdapat penurunan DMG sebesar 75%)

[Awakening Passive] Stance of Faith: Pemulihan darah ketika berhasil menangkis serangan berubah dari  3% menjadi 1%



Priest

Protection Shell:
– CD berubah dari 10 detik menjadi 60 detik
– durasi buff berubah dari 180 detik menjadi 10 detik

Chain Lightning:  kemungkinan terkena electrocution berubah dari 100% menjadi 20%

Mind Breaker: Perbaikan terhadap kondisi Stun yang tidak normal

Detonate: CD berubah dari 17 detik menjadi 25 detik



Saint

Blessed Sign: 284% > 192% (terdapat penurunan DMG sebesar 92%)

[Awakening Passive] Holy Burst: juga di berikan di sekitar anda

[Awakening Passive] Grand Cross: Bubble yang diperoleh dari hit skill Grand Cross dan Antiphona Pool berubah dari 1 menajdi 3.


Inquisitor

Consecration:
– CD berubah dari 35 detik menjadi 50 detik
– 1151% > 521% (terdapat penurunan DMG sebesar 630%)

[Awakening Passive] Lightning Bolt: Lightning Bolt damage berubah dari 50% menjadi 25% (terdapat penurunan DMG sebesar 25%)

Lightning Storm: 116% > 87% (terdapat penurunan DMG sebesar 29%)

Judgment Spear:  Damage setelah meneima skill sebelumnya berubah dari 100% menjadi 25% (terdapat penurunan DMG sebesar 75%)


Wah... Wah... Sesuai dari pemaparan data di atas Mochi mengakui bahwa Cleric mendapatkan nerf yang begitu besar. Mochi tidak melihat Crusader di nerf ya, hanya saja Lightning Zap nya di turunkan demagenya, ya termasuk nerf Crusader juga sih. Tapi jangan bersedih, ini cuman berlaku di PVP kok, tapi di PVE tidak, lebih tepatnya untuk saat ini Cleric masih aman di PVE ya. Ya mungkin ini juga dilakukan karena dmg dari Cleric yang begitu besar di PVP, wajar-wajar saja sih. Untuk kapan di Nerfnya, ini akan berbarengan dengan lauching new spin off - Black mara ya ~

Oh iia, Mochi bahasnya pendek aja ya ~ Soalnya Mochi takut mati listrik lagi. Jadi gimana nih menurut teman-teman MocSnapper ? ada yang sependapat ? atau punya pendapat lain ? Yuk sharing di sini ^^